Hikmah Gerhana Matahari Total Hari Ini
Gerhana Matahari

By IT Media Jatayu 09 Mar 2016, 19:59:45 WIBBerita

Hikmah Gerhana Matahari Total Hari Ini

Keterangan Gambar : Santri POMOSDA Sedang Memperbaiki Biopori


Selalu saja ada hal-hal yang dilakukan oleh santri Pomosda untuk mengisi sebuah momen yang berharga. Hari ini (09/03) terjadi sebuah peristiwa alam semesta yang sangat langka, bahkan hanya 350 tahun sekali munculnya, yaitu Gerhana Matahari Total. Banyak orang menggunakan kesempatan ini untuk berlibur bersama keluarga mereka sendiri-sendiri. Berbeda dengan santri Pomosda. Santri Pomosda justru menggunakan momen ini untuk membangun kebersamaan dan membangun sifat peduli dalam diri.

 

Biopori Pomosda 

  

Setelah melakukan ibadah ritual shalat gerhana, santri Pomosda bersama civitas Pomosda yang lain langsung berganti baju perang untuk kerja bakti. Ada yang menyapu, ngarit rumput, membongkar Biopori, menata Polybag, dan lain-lain. Dalam khutbah saat shalat gerhana, pimpinan Pomosda menyampaikan bahwa semua peristiwa yang terjadi di langit maupun bumi, bahkan yang terjadi dalam diri adalah tanda-tanda Wujud-Nya. Dhawuh inilah yang menjadi pemicu santri Pomosda untuk terus semangat dalam berlaku syare’at untuk menyelami yang hakekat.

Apa hikmah Gerhana? Berlibur kah? Bukan. Santri Pomosda memaknai hikmah peristiwa gerhana adalah kesempatan bertafakkur. Menghayati bahwa ternyata Yang Mencakupi Segala Sesuatu adalah Allah. “Kita bisa sadar ya, bahwa dengan adanya Gerhana Matahari Total tadi kita bisa tahu kalo kita gak bisa apa-apa. Matahari saja bisa ditutup sama Allah apalagi nyabut nyawa kita.” Kata Muhammad Amrullah (santri kelas X SMA Pomosda). 

Sudahkah anda berbuat untuk sebuah hikmah Gerhana Matahari Total hari ini?

 

Sumber: http://kakakhahu.blogspot.co.id/ (Alumni SMP-SMA Pomosda) 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

LiveZilla Live Chat Software

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pengembangan manakah yang ingin anda dahulukan ?
  Maps Data Warga
  Data Warga
  Android

Komentar Terakhir